top of page

Pendidikan Karakter Anak Berisiko

“Kita menegaskan bahwa semua anak adalah anak berisiko sejak awal kehidupan mereka”. Kutipan Deklarasi Oxford, 6 - 10 Januari 1997,  dihadiri 51 perwakilan dari 38 lembaga pelayanan anak berisiko dari Afrika, Asia, Eropa dan Amerika Utara dan Selatan - Konsultasi Internasional mengenai  Anak Berisiko di Oxford, Inggris. (Cat: jika anda ingin mendapat salinan Pernyataan Oxford, dapat mengirim email ke jpab@cbn.net.id). 

‘Anak berisiko’ bukan hanya anak yatim, anak korban perang, anak jalanan, tetapi juga anak-anak yang ada di Sekolah Minggu, Sekolah formal/informal, atau bahkan di institusi keagamaan. Seminar Sehari Pendidikan Karakter Anak Beresiko  menggunakan buku dengan judul yang sama, juga membahas anak-anak berisiko sesuai pernyataan Oxford. 

Tahun 2016 merupakan tahun kedua pelaksanaan seminar ini, di Jakarta (4-5 April), Makassar (6-7 April), dan Surabaya (8-9 April). Seminar ini diprakarsai oleh ACSI (Association of Christian Schools International) bekerjasama dengan JPAB di Jakarta, dan didukung oleh STT Jaffray di  Makassar dimana Ibu Elisabeth Ronda adalah Ketua Regional JPAB Sulawesi Selatan, dan Ibu Jeny Gunawan (ABC Movement) yang  juga adalah Sekretaris Regional JPAB Jawa Timur dan Ibu Daisy Pangalila (Point Eleven) yang juga adalah ketua JPAB Regional Jawa Timur. 

Secara garis besar Buku 1 - 3 untuk usia 8 - 14 tahun ini dapat dipakai selama 9 tahun, berisi 3 hal, yaitu: Firman Tuhan, Kualitas Karakter, dan Life Skill untuk tiap pelajaran. Khusus Seminar ini hanya dibahas salah satu tema khusus yang dianggap perlu dibahas secara mendalam, misalnya seperti di Jakarta tahun ini membahas Penanganan Trauma pada anak. 

Pelatihan ini sangat baik, sekalipun beberapa peserta yang sebagian besar adalah guru-guru yang baru pertama kali mendengar kata ‘anak berisiko’ (ejaan Indonesia yang benar: berisiko). Tetapi ini menjadi isu penting karena bagaimanapun sekolah ramah anak perlu didesain, karena di sekolahpun anak bisa saja terpapar risiko. 

Materi yang disampaikan sangat sejalan dengan Pernyataan Oxford, sehingga materi bisa ditujukan kepada setiap anak. Diharapkan materi seperti ini dipakai juga di gereja dan lembaga Pelayanan anak, agar anak mendapat pengajaran Alkitab, mengembangkan karakter, dan memiliki life skill. 

Informasi selanjutnya tentang Seminar Pendidikan Karakter Anak Berisiko, dapat menghubungi: Sekretariat JPAB telp (62-21) 452 6235, 4585 7502 atau email : jpab@cbn.net.id 

 

bottom of page